Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KOTABARU KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MAYA SUSANTI (2013) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KOTABARU KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201365PAI.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan yang pertama sekali ditemukan anak dalam kehidupannya dan juga merupakan lingkungan utama, dengan demikian lingkungan keluarga mempunyai peranan penting dalam rangka memberikan dasar pendidikan kepada anak yang nantinya akan menentukan terhadap pertumbuhan dan perkembangan yang akan datang. Tidak dapat disangkal lagi bahwa bila semakin tinggi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anaknya, maka semakin tinggi pula prestasi yang akan dicapai anak-anak itu. Sebaliknya, bila semakin berkurang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anak-anaknya, maka semakin rendah pulalah prestasi yang akan dicapai anak di sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kotabaru Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 60 orang. Mengingat populasi yang sedikit, maka penulis menggunakan teknik sensus atau total sampling untuk teknik pengambilan data penelitian. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dianalisa dengan korelasi serial karena variable yang dikorelasikan bersifat ordinal dan interval. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara bimbingan belajar dalam keluarga dengan prestasi siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kotabaru Kabipaten Indragiri Hilir. Ini terbukti dengan thitung 6.605 lebih besar dari ttabel 5%=2.00 dan 1%= 2.65 atau 6.605 > 2.65 >2.00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5466

Actions (login required)

View Item View Item