Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE ROLE PLAY UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 KECAMATAN BATAM KOTA KOTA BATAM.

IRAWANSYAH (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE ROLE PLAY UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 004 KECAMATAN BATAM KOTA KOTA BATAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201360PAI.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam Siswa kelas V SD Negeri 004 Batam Kota dengan menggunakan strategi Role Play. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, salah satu nya adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka diterapkanlah strategi role play. Adapun rumusan masalah adalah Apakah dengan melalui metode role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Kecamatan Batam Kota Kota Batam pada materi Sejarah Kebudayaan Islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan yang menjadi hipotesis tindakan yaitu melalui metode role play, maka hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada mata pelajaran PAI Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Batam Kota meningkat. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa ada hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, maka peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu Perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan observasi/ refleks. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari data awal ke siklus I dan 11. Pada data awal hasil belajar tergolong rendah dengan nilai rata-rata 64, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 76 dan pada siklus II dengan jumlah rata-rata 84, hal ini membuktikan bahwa melalui metode role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item