Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

JONNEDI (2013) KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201342PAI.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan masih ada siswa yang belum aktif dalam proses pembelajaran. Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu juga dengan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan bagaimana keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar, sedangkan objek adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 67 orang, karena populasi tidak banyak maka penelitian mengambil seluruh populasi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa gambaran tentang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang secara umum tergolong sedang yakni sebanyak 56 orang atau sebesar 83,58%. Pada kategori aktif sebanyak 5 orang atau sebesar 7,46% dan pada kategori tidak aktif sebanyak 6 orang atau sebesar 8,95%. Adapun faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam terdiri dari faktor pendukung yaitu peran guru dalam memaksimalkan proses pembelajaran dan faktor penghambatnya adalah keinginan, kepribadian dan motivasi belajar siswa mengikuti proses pembelajaran yang masih kurang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item View Item