Z A M R I N I (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENGENAL TANDA BACA HURUF HIJAIYYAH MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS II.A SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_201305PAI.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan motivasi balajar dalam mengenal tanda banca huruf hijaiyyah pada siswa kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 004 Bukit Raya Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Metode drill dapat Meningkatkan motivasi belajar dalam mengenal tanda baca huruf hijaiyyah Pada Siswa Kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 004 Bukit Raya Kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 004 Bukit Raya Kota Pekanbaru yang berjumlah 38 orang, 20 orang siswa berjenis kelamin laki-laki dan 19 orang siswa berjenis kelamin perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 004 Bukit Raya Kota Pekanbaru dengan menggunakan metode Drill. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan dan dokumentasi. Dalam menggunakan observasi cara yang paling efektif adalah melengkapinya dengan blangko pengamatan sebagai instrumen. Dokumentasi merupakan teknik yang digunakan peneliti untuk mengetahui tentang keadaan umum lokasi penelitian, keadaan guru, keadaan siswa, dan sarana-prasarana. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui motivasi belajar dalam mengenal tanda baca huruf hijaiyyah pada mata pelalajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode drill siswa kelas II.A Sekolah Dasar Negeri 004 Bukit Raya Kota Pekanbaru, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa yaitu 60,37%, berada antara 56%-75% hal ini dikategorikan cukup tinggi, (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama motivasi belajar siswa yaitu 69,23%, berada antara 56%-75% dengan kategori cukup tinggi, (3) Siklus kedua motivasi belajar siswa yaitu 76,22%, berada antara 76%-100% dengan kategori tinggi dan, (4) Siklus ketiga motivasi belajar siswa yaitu 98,83%, berada antara 76%-100% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5444 |
Actions (login required)
View Item |