Sri Novita Sari, - (2021) PENGARUH PERSEPSI HARGA KARTU PAKET DATA INTERNET TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI NOVITA SARI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Novita Sari (2021). Pengaruh Persepsi Harga Kartu Paket Data Internet Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN SUSKA RIAU dalam Perspektif Ekonomi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah terhadap penggunaan kartu paket internet, banyaknya pilihan kartu paket internet diduga mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi harga kartu paket data internet terhadap perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dalam mengkonsumsi kartu paket data internet. Penelitian ini melibatkan 86 mahasiswa jurusan ekonomi syariah sebagai sampel penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi harga kartu paket dara internet, dan variabel dependennya adalah perilaku konsusmsi mahasiswa ekonomi syariah. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Rancangan penelitian adalah asosiatif kausal. Jenis penelitian termasuk Kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis statistik model korelasi dan regresi dengan bantuan Software SPSS versi 26. Untuk menguji setiap item pada setiap variabel telah dilakukan uji validitas dan realibilis instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara persepsi harga kartu paket data internet terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah sebesar 16,0% sedangkan 84,0% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji t menunjukkan bahwa: nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi harga kartu paket mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Tinjauan dari ekonomi Islam terhadap perilaku konsumsi mahasiswa ternyata sudah sesuai, dimana dalam mengkonsumsi kebutuhan mahasiswa sudah menerapkan prinsip hemat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi mereka. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al- A’raf ayat 31. Kata kunci: Persepsi Harga, Perilaku Konsumsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 00:44 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 00:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54406 |
Actions (login required)
View Item |