Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN RATTAN HANDMADE PREMIUM PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

KARNITA AGENG PRATIWI, - (2021) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN RATTAN HANDMADE PREMIUM PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

KARNITA AGENG PRATIWI (2021) : STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN RATTAN HANDMADE PREMIUM PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM Penelitian ini dilakukan pada Rattan Handmade Premium yang berada di Jalan Yos Sudarso Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Teori pemasaran Keunggulan diferensiasi menjadi salah satu aspek unik dalam suatu kegiata bisnis yang mempengaruhi target konsumen menjadi pelanggan setia perusahaan dibandingkan dengan pesaing lainnya. Diferensiasi produk yang dilakukan mulai dari bentuk, fitur, kinerja, kesesuaian, hingga daya tahan dan lainnya. Walaupunsudah memakai difereniasi produk. Namun, fenomena berdasarkan data yang didapat dilapangan pada yang didapat jumlah penjualan pertahun mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1).Bagaimana strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan pada Rattan Handmade Premium Pekanbaru?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan pada Rattan Handmade Premium Pekanbaru?, (3) Bagaimana tinjaun ekonomi Islam terhadap strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan pada Rattan Handmade Premium Pekanbaru?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah 1 pemilik dan 3 orang karyawan, sampel yang diambil sebanyak 50 orang. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik accidental sampling.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, observasi, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah strategi diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan oleh Rattan Handmade Premium Pekanbaru sudah cukup baik dan efektif. Adapun langkah yang digunakan berdasarkan bentuk berupa banyak bentuk yang beraneka ragam, berdasarkan fitur adanya keunikan pada produk yang ditawarkan sehingga berbeda dengan produk pesaing, mutu kinerja menunjukkan kualitas produk dari rotan yang berkualitas tinggi, mutu kesesuaian produk yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi permintaan konsumen, produk memiliki daya tahan dan kehandalan, serta produk memiliki nilai lebih menurut konsumen melalui desain produk yang unik-unik. Adapun faktor pendukung diantaranya adalah kemajuan teknologi, adanya kerjasama dengan agen rotan, adanya kerjasama dengan pengrajin rotan, memberikan pelayanan terbaik. Adapun faktor pendukung diantaranya adalah bahan baku rotan, sumber daya manusia/pengrajin, persaingan. Tinjauan ekonomi Islam, strategi diferensiasi produk untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan Rattan Handmade Premium Pekanbaru sudah sesuai dengan prinsip Islam, seperti jual ii beli dilakukan atas dasar suka sama suka, bersikap transparan dan menerapkan prinsip kejujuran. Kata kunci: Strategi, diferensiasi dan produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:37
Last Modified: 13 Aug 2021 00:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54396

Actions (login required)

View Item View Item