Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Tinaju dari Disposisi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Ulfa Luthfiani, - (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Tinaju dari Disposisi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV ULFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV ULFA.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulfa Luthfiani, (2021): Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Tinaju dari Disposisi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari disposisi matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang peserta didik kelas VIII SMP N 1 TEBING yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar berupa 4 soal bentuk uraian, angket disposisi matematis, dan pedoman wawancara. Seluruh data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa sudah mampu memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian masalah, melakukan perhitungan dan memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah. Siswa yang memiliki tingkat disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa sudah mampu memenuhi indikator pemecahan masalah memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian masalah dan melakukan perhitungan tetapi tidak memeriksa kembali hasil penyelesaian mas rendah dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah tidak mampu memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian masalah, melakukan perhitungan dan memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:32
Last Modified: 13 Aug 2021 00:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54381

Actions (login required)

View Item View Item