Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN MAKANAN DAN KESEHATAN MELALUI STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

NEDRAWATI (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN MAKANAN DAN KESEHATAN MELALUI STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201371PGMI.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar melalui strategi Learning Starts With A Question pada mata pelajaran Sains pokok bahasan makanan dan kesehatan dapat meningkat. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Learning Starts With A Question untuk meningkatkan motivasi belajar Sains. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 48,3%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata motivasi belajar siswa pada siklus I tergolong “Cukup Tinggi” dengan persentase 65,0% karena berada pada interval 56%-76%. Pada siklus II masih tergolong “Cukup Tinggi” dengan persentase 74,2% karena berada pada interval 56%-76%. Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi tergolong “Tinggi” dengan persentase 83,3% karena berada pada interval 76%- 100%. Artinya motivasi belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu di atas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi Learning Starts With A Question dapat meningkatkan motivasi belajar Sains pokok bahasan makanan dan kesehatan siswa kelas V pada mata pelajaran Sekolah Dasar Negeri 013 Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:37
Last Modified: 07 Sep 2016 09:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item