Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras

Jesy Kaliona Okta Fitri Yanti, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jesy Kaliona Okta Fitri Yanti, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi teorema pythagoras yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Dumai tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Dumai sebagai kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis PBL dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 88,15%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90,18%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah tutup dalam waktu yang cukup lama akibat covid-19. Dengan demikian hasil peneltian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi teorema pythagoras di kelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL) , Teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:28
Last Modified: 13 Aug 2021 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54308

Actions (login required)

View Item View Item