Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Model Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.

Nuraini, - (2021) Model Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURAINI TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

ABSTRAK Nuraini, (2021) : Model Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5e pada tema daerah tempat tinggalku mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dikela IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecmatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa diantaranya siswa kurang berpartisipasi dalam diskusi kelompok dan saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang menghargai pendapat siswa lain, siswa kurang mampu bertanya saat proses pembelajaran telah usai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini model pembelajaran learning cycle 5e dan keterampilan sosial. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan keterampilan sosial siswa dengan persentase 53,75%. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e, siklus I siswa yang mampu meningkatkan keterampilan sosial dengan persentase 65%, dan pada siklus II, keterampilan sosial siswa meningkat dengan persentase 83,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5e dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada tema daerah tempat tinggalku dikelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Model Pembelajaran Learning Cycle 5e

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:19
Last Modified: 12 Aug 2021 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54192

Actions (login required)

View Item View Item