Feby Iqvari M, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan Pelajaran IPS di MI Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Feby Iqvari M, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan Pelajaran IPS di MI Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial malalui model pembelajaran cooperative script di Kelas IV MI Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang di ajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan dan memberikan argumentasi dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 35 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative script dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebelum tindakan hanya mencapai 57.85 dengan kategori kurang dengan ketuntasan klasikal 20%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat dengan rata-rata rata 73.57 dengan kategori kurang dan ketuntasan klasikal 57.14%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat dengan rata-rata 76.57 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal 82,85%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa padamuatan pelajaran ilmu pengetahun sosial di kelas IV MI Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Cooperative Script, kemampuan mengemukakan pendapat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 03:24 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 03:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54187 |
Actions (login required)
View Item |