Deri Liliana, - (2021) Kemampuan Guru Ekonomi dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
||
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Deri Liliana (2021): Kemampuan Guru Ekonomi dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru ekonomi dalam mengembangkan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah kemampuan guru ekonomi dalam mengembangkan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Sedangkan subjek penelitian ini adalah guru pendidikan ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggumpulkan data,menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan wakil kurikulum dalam mengembangkan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan guru ekonomi dalam mengembangkan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 berkaitan dengan menerapkan metode belajar berkarakter, meningkatkan motivasi siswa, menciptakan interaksi sosial, menyediakan sarana dan sumber belajar berkarakter pada proses pembelajaran, mempengaruhi karakter peserta didik sesuai dengan tujuan materi pembelajaran, membentuk karakter peserta didik, guna hubungan yang baik antara siswa, guru, dan lingkungannya, membangun karakter siswa melalui lingkungan sekolah, memberikan contoh sikap karakter yang baik, menjadi teladan dalam berperilaku, memberi tugas pembelajaran yang penuh makna, menciptakan peluang bagi siswa untuk menjadi aktif dalam pembelajaran, mewujudkan potensi dan bakat siswa, serta membangkitkan pemikiran positif siswa. Kata Kunci: Kemampuan Guru Ekonomi, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Aug 2021 23:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2021 23:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54160 |
Actions (login required)
View Item |