Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Puzzle Amplop untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa pada Tema Berbagai Pekerjaan Muatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah.

Nurul Fadhilah, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Puzzle Amplop untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa pada Tema Berbagai Pekerjaan Muatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Fadhilah (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Puzzle Amplop untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa pada Tema Berbagai Pekerjaan Muatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran puzzle amplop untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema berbagai pekerjaan muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran puzzle amplop dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripsi kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran puzzle amplop dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 54,37 atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 69,79 atau tergolong kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86,66 atau tergolong kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran puzzle amplop dapat menigkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema Berbagai Pekerjaan muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 043 Batu Gajah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Puzzle Amplop, Kemampuan Kerja sama Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:41
Last Modified: 11 Aug 2021 23:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54155

Actions (login required)

View Item View Item