Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau Kabupaten Bengkalis

Aulia Ul Azmi, - (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau Kabupaten Bengkalis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK vii Aulia Ul Azmi (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only With Nenoquivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau, namun dalam penelitian ini penulis membatasi pada kelas XI IPS yang berjumlah 168 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes “t”dengan taraf signifikan 5% (1,294) dan 1% (2,381). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa t hitung > t atau 1,294 < 4,789 > 2,381 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mandau Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Pengaruh, Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:06
Last Modified: 11 Aug 2021 13:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54154

Actions (login required)

View Item View Item