Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN WAKALAH WALI DALAM AKAD NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN BANGKINANG

KHAIRUL AZMI, - (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN WAKALAH WALI DALAM AKAD NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRUL AZMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairul Azmi 2021: Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Wakalah Wali Dalam Akad Nikah Di Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Bangkinang Hukum perkawinan merupakan bagian dari Hukum Islam yang memuat ketentuan-ketentuan tentang hal ihwal perkawinan, yakni bagaimana proses dan prosedur menuju terbentuknya ikatan perkawinan, bagaimana cara menyelenggarakan akad perkawinan menurut hukum, dan hukum islam. Setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan yang hidup bersama dengan diikat suatu pertalian yang disebut pernikahan. Suatu pernikahan dikatakan sah apabila pernikahan dilakukan menurut agama dan kepercayaannya yang telah memenuhi rukun dan syarat pernikahan. Yang tercantum pada Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 Dan Kompilasi Hukum Islam. Menyerahkan kepada masing-masing agama untuk menentukan keabsahan suatu pernikahan. wali nikah adalah orang yang mewakili perempuan dalam hal melakukan akad pernikahan, karena ada anggapan perempuan tersebut tidak mampu melaksanakan akadnya sendiri karena dipandang kurangnya cakap dalam mengungkapkan keinginannya sehingga dibutuhkan seorang wali untuk melakukan akad nikah dalam pernikahan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Wakalah Wali dalam Akad Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangkinang, serta untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanaan Wakalah Wali dalam Akad Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Pelaksanaan pelaksanaan Wakalah Wali dalam Akad Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangkinang di pengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah (i) Masyarakat lebih percaya kepada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangkinang dari pada diri sendiri (ii) Wali kurang mampu mengucapkan lafalz akad nikah (iii) Enggan untuk menikahkan mempelai (vi) Faktor Sakit (v) Wali tidak diketahui tempat tinggalnya. Adapun tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanaan Wakalah Wali dalam Akad Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangkinang yaitu pada dasarnya sudah menjadi budaya masyarakat tersebut. sehingga banyak masyarakat bangkinang yang ketika melaksanakan akad nikah hak perwalian diwakilkan kepada pegawai yang memimpin dan menyaksikan jalannya akad nikah tersebut. Sedangkan jika ditinjau dari hukum Islamnya bahwanya pelaksanaan wakalah wali di bolehkan baik secara mutlak maupun muqayyad. Kata Kunci : Perwalian, Hak perwalian, dalam Akad Nikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:12
Last Modified: 11 Aug 2021 12:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54146

Actions (login required)

View Item View Item