SYARIFUDDIN, - (2021) Nilai - Nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaqi Dalam Buku Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendy. Disertasi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
bab i dan III.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
disertasi bab iv dan v.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Syarifuddin: Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaqi dalam Buku Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendi: Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak saja menyebabkan dunia terasa mengecil, tetapi membawa berbagai perubahan dalam tatanan kehidupan manusia. Perkembangan itu menyebabkan terjadinya pergeseran dan perubahan nilai-nilai budaya, mulai dari perkotaan sampai ke ceruk-ceruk perkampungan. Tradisi sastra yang hidup dan berkembang di Riau cukup banyak, maka untuk memperdalam kajian sesuai dengan judul penelitian, penulis membatasi bentuk sastra Riau yang sudah dibukukan yaitu ;”Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf Akhlaqi Dalam Buku Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendi.Penelitian ini besifat library research dengan metode penelitian kualitatif, yang berkenaan dengan nilai pendidikan tasawuf akhlaqi dalam buku tunjuk ajar yang menghasilkan tiga metode yaitu: Takhalli, mengosongkan diri dari perilaku buruk atau akhlak tercela.Tahalli , upaya mengisi atau menghiasi diri dengan perilaku dan akhlak yang terpuji, danTajalli, usaha pemantapan dan pendalaman materi yang telah di lalui pada fase sebelumnya untuk mencapai kesucian jiwa. Adapun temuan hasil dari penelitian ini adalah: Nilai-nilai takhlli terdapat 48 ungkapan, nilai tahalli terdapat dalam 67 ungkapan , 15 pantun dan 32 sya’ir . Dan niali tajalli dalam 106 ungkapan dan 40 pantun. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Tasawuf Akhlaqi, Tunjuk Ajar Melayu
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 07:11 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 07:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54011 |
Actions (login required)
View Item |