SAMUDDIN RITONGA, - (2021) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 01 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
Abstract
SAMUDDIN RITONGA (2021) : PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 01 PEKANBARU Para ahli mengatakan bahwa lingkungan sekitar sebagai sumber belajar sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik, keterampilan sosial, dan budaya, perkembangan emosional dan intelektual siswa. Rumusan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru yang berjumlah sebanyak 52 orang. Sedangkan metode yang peneliti lakukan dalam penelitian ini hanya tiga, yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data, peneliti menggunakan Program Spss 23 Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap data yang dikumpulkan melalui penelitian kemudian dikonsultasikan dengan kriteria yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru sebesar 70,2% sedangkan sisanya 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji T maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y Kata kunci: pemanfaatan, lingkungan, keluarga, pemahaman dan siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:43 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53945 |
Actions (login required)
View Item |