Miranda Azmi, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONCEPT SISWA MTs AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
||
|
Text
SKRIPSI MIRANDA AZMI.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Miranda Azmi, (2021): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Concept siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru yang belajar menggunakan model Contextual Teaching And Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self Concept tinggi, sedang, dan rendah, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Self Concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Factorial Exsperimen Design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, dengan sampel VIII.A sebagai kelas kontrol dan VIII.D sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data berupa angket Self Concept dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru; 2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self Concept tinggi, sedang dan rendah di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan Self Concept dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Contextual Teaching And Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Concept
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Aug 2021 00:47 |
Last Modified: | 11 Aug 2021 00:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53934 |
Actions (login required)
View Item |