REVI SYAHFIRA, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK DI MTs DARUL QUR'AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
||
|
Text (Lengkap kecuali BAB IV)
Lengkap kecuali BAB IV..pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep IPA siswa pada materi cahaya dan optick di MTs Darul Quran. Metode penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain the nonequivalent control design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep berbentuk objektif dan uraian dengan jumlah 18 butir soal yang sudah divalidasi oleh ahli. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji t. Berdasarkan output Test Statistic peningkatan penguasaan konsep IPA diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep IPA yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan optik dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan optik di MTs Darul Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 00:00 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 00:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53834 |
Actions (login required)
View Item |