Oyondri (2014) IMPLEMENTASI BUDAYA ISLAMI DI SMA NEGERI 2 PANGKALAN KERINCI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini, dilatar belakangi oleh adanya usaha SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci yang bertujuan untuk menciptakan budaya Islami di sekolah. Tujuan dari program ini adalah untuk membentuk kepribadian muslim siswa yang berakhlak mulia agar tidak menyimpang dari nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan budaya Islami di SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan budaya Islami di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang difokuskan pada implementasi budaya Islami di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Pangkalan Kerinci. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisa data dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu pengumpulan data (reduksi data), penyederhanaan data, pemaparan data/penyajian data, dan penarikan dan pengajuan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Pertama, bahwa pelaksanaan budaya Islam di SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci meliputi (1). Perencanaan, yang meliputi kegiatan merencanakan program Budaya Islami, (2), Pengorganisasian, yang meliputi Sekolah mengadakan koordinasi dan rapat; Melakukan sosialisasi dan pembinaan; Sekolah menetapkan jadwal pelaksanaan kegiatan; menunjuk Guru Pembina kegiatan; dan menetapkan strategi yang dapat mencapai tujuan yang diharapkan budaya Islami. (3), Pelaksanaan, yaitu melalui kegiatan dalam kelas (intrakurikuler) maupun di luar kelas (ekstrakurikuler) dan (4), Pengawasan/control Budaya Islami, yaitu meliputi Penilaian pengamatan yang dilakukan oleh guru pamong. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Budaya Islami di SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci adalah faktor Pendukung; yaitu faktor siswa; faktor pimpinan dan guru di sekolah; faktor keluarga siswa; dan faktor masyarakat di sekitar sekolah; serta faktor penghambat; yaitu bertambahnya jumlah siswa; dan Keyakinan anggota terhadap nilai-nilai yang dianut oleh siswa;
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 11 Jun 2016 06:54 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 06:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5378 |
Actions (login required)
View Item |