Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI PENGUKURAN KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS)

NAFSUL MUTHMAINNAH, - (2021) APLIKASI PENGUKURAN KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV DAN V WATERMARK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NAFSUL MUTHMAINNAH (2021):APLIKASI PENGUKURAN KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) Implementasi knowledge sharing behavior pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat bermanfaat, karena knowledge sharing behavior akan menstranformasikan pengetahuan menjadi infinite economic goods yang akan menghasilkan kenaikan return. Sementara itu, keinginan untuk berbagi pengetahuan dengan rekan kerja menjadi suatu kendala besar di UMKM. Penelitian ini membangun sebuah aplikasi pengukuran knowledge sharing behavior pada UMKM di Pekanbaru. Variabel pengukuran meliputi Suasana Bekerja, Intensi Positif Karyawan, dan Pola Pikir Karyawan. Adapun target sampling pengukuran sejumlah 70 Pemilik dan karyawan dari 5 UMKM yang bergerak dibidang fashion dan Pakar. Analisis AHP (Analitycal Hierarchy Process) diterapkan guna menganalisis nilai kepentingan dan relasi dari masing-masing variabel dan disusun kedalam bentuk kuesioner yang disebarkan kepada Pemilik dan Karyawan UMKM di Pekanbaru. Dari hasil pengukuran yang sudah dilakukan diperoleh nilai performansi knowledge sharing behavior setiap Pemilik dan Karyawan UMKM sudah dikategorikan Bagus dengan kriteria yang paling mempengaruhi adalah Pola Pikir Karyawan. Nilai performansi knowledge sharing behavior pada UMKM Pekanbaru sudah dikategorikan Bagus dengan nilai 3,7607 dan kriteria yang paling mempengaruhi adalah Pola Pikir Karyawan = 1,9196dan pada tiap UMKM kriteria paling mempengaruhi adalah Pola Pikir Karyawan pada UMKM Bas Baby = 2,2749, Tokyo Style = 2,3787, STAR = 2,1680 dan Granada Busana= 2,1680 dan dikategorikan Bagus dan pada UMKM Merah Putih Grosir = 2,2981 dikategorikan Bagus dengan kriteria Suasana Bekerja yang paling mempengaruhi. Analisis, Menurut Pakar Ermansyah, SE,MM dan DR. Doni Martias, SE.,MM kriteria yang paling mempengaruhi adalah Suasana Bekerja. Object Oriented digunakan pada pembangunan sistem dengan menggunakan tools UML. Blackbox testing dan UAT digunakan untuk menguji aplikasi ini secara fungsionality dan aceptense. Kata Kunci : AHP (Analitycal Hierarchy Process), Anita dan Bramantiyo Model, Knowledge, Knowledge Sharing Behavior, Performance Measurement

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Aug 2021 15:08
Last Modified: 10 Aug 2021 15:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53770

Actions (login required)

View Item View Item