Suluri (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DALAM UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA SISWA SMAN I SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Studi ini berjudul: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BENGKALIS. Rumusan Masalah : : (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se-Kecamatan Bengkalis yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi? dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se-Kecamatan Bengkalis ? Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), menggunakan metode kualitatif, dalam pelaksanaan penelitiannya dilakukan secara alamiah, apa adanya, dalam situasi yang normal sesuai dengan keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alami. Penelitian ini juga termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dilakukan di SMP Negeri se-Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Populasi : seluruh SMP Negeri yang ada di Kecamatan Bengkalis yang berjumlah 11 (sebelas) SMP Negeri, semua Guru dan seluruh Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling purposive sehingga penelitian dilakukan pada 5 (lima) SMP Negeri, yaitu : SMP Negeri 1, 2, 3, 4 dan 7. Jumlah populasi Guru Pendidikan Agama Islam sebanyak 12 orang dan Populasi Siswa sebanyak 1233. Sampel diambil dari siswa sebanyak 494 orang siswa (40%). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : Observasi, Angket, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Kesimpulan : Implementasi pendidikan karakter mata pelajaran PAI di SMP Negeri se-Kecamatan Bengkalis, dalam hal ini di SMP Negeri 1, 2, 3, 4 dan 7 Bengkalis yang telah ditelusuri melalui tiga variabel, yaitu : perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan perencanaan pendidikan karakter mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1, 2, 3, 4 dan 7 Bengkalis, yang mencakup enam indikator diketahui berada pada level baik, ditunjukkan dengan skor : 88,33%. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1, 2, 3, 4 dan 7 Bengkalis, yang ditelusuri melalui dua puluh enam indikator, diketahui berada pada level baik, ditunjukkan dengan skor : 83,16%. Semntara dalam evaluasi pendidikan karakter mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 7 Kecamatan Bengkalis, yang ditelusuri melalui lima indikator, diketahui berada pada level cukup baik, ditunjukkan dengan skor : 77,33%. Adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP Negeri 1, 2, 3, 4 dan 7 Bengkalis, mencakup : dana, sumber daya manusia (kepala sekolah dan guru), sarana dan prasarana, kesejahteraan guru, orangtua dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 11 Jun 2016 06:51 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 06:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
View Item |