NIA APRILIA, - (2021) Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV WATERMARK 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV WATERMARK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
Abstract
Nia Aprilia (2021) :Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru ABSTRAK Nia Aprilia (2021) : Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru Pesatnya perkembangan lembaga keuangan bank dan non-bank serta semakin ketat persaingan bisnis yang harus dihadapi oleh perusahaan dan fenomena beberapa produk menabung emas yang dikeluarkan lembaga atau perusahaan akhir-akhir ini, menjadikan produk tabungan emas yang ditawarkan oleh Perum Pegadaian Syariah menjadi dilirik oleh masyarakat dan berkembang seiring waktu. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan jumlah nasabah di setiap produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah nasabah dalam suatu perusahaan yaitu dengan melakukan promosi. Promosi yang baik dan menarik akan mempengaruhi nasabah untuk menggunakan atau mengambil manfaat dari suatu produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru dan Apa saja kendala dalam kegiatan promosi produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang yaitu nasabah tabungan emas pegadaian syariah dengan teknik kebetulan/ insidental. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 22,401+0,453X, dapat disimpulkan bahwa promosi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru. Hasil uji t menunjukkan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan diketahui nilai t_hitung (4,094) > t_tabel (0,212) dan signifikansi 0,000 < 0,005. Hasil determinan koefisien (R^2) diketahui nilai koefisien determinan atau R Square adalah sebesar 0,166. Hal ini mengidikasikan bahwa kontribusi variabel promosi terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah sebesar 16,6%. Sedangkan sisanya 83,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kendala dalam kegiatan promosi pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Cikpuan yaitu terdapat pada promosi secara penjualan perseorangan (personal selling) dan promosi penjualan (sales promotion). Kata Kunci: Promosi, Peningkatan Jumlah Nasabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 15:03 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 15:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53713 |
Actions (login required)
View Item |