Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Donat Dayat Di Kecamatan Tualang ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

NOVRIYANTI WILDA, - (2021) Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Donat Dayat Di Kecamatan Tualang ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB IV WATERMARK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Novriyanti wilda (2021) :Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Donat Dayat Di Kecamatan Tualang ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Transaksi jual beli yang sebelumnya hanya dapat dilakukan secara langsung dengan berkembangnya teknologi dan informasi sekarang dapat dilakukan secara tidak langsung (Online) yaitu melalui media sosial. Salah satu pemanfaatan media sosial adalah untuk promosi penjualan produk atau jasa. Pada penelitian ini penulis akan memfokuskan objek pada Rumah Donat Dayat, sebagai salah satu usaha donat yang berada di Kecamatan Tualang, berdiri sejak Tahun 2017. Rumah Donat Dayat yang awalnya melakukan promosi secara offline sekarang aktif melakukan promosi secara online. Salah satunya yaitu melalui facebook, dan instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian pada Rumah Donat Dayat di Kecamatan Tualang dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah terhadap promosi online pada Rumah Donat Dayat di Kecamatan Tualang. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Rumah Donat Dayat sebanyak 27.000 dengan jumlah sampel 100 konsumen. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif, pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket kepada konsumen. Hasil penelitian pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian pada rumah donat dayat di Kecamatan Tualang dihasilkan berpengaruh positif, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji persamaan regresi Y = 0.837 + 0.564X. Hasil uji t menunjukkan promosi online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Donat Dayat di Kecamatan Tualang. Hal ini dibuktikan dengan diketahui t hitung sebesar (13,333) > t tabel (0,1966) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi online terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi model adalah 0,645. Artinya adalah bahwa pengaruh variabel independen (promosi online) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) adalah 64,5%, sedangkan sisanya sebesar 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi syariah tentang promosi online sesuai dengan prinsip syariah karena promosi online yang dilakukan menerapkan nilai-nilai moralitas, diantara lain dimana rumah donat dayat dalam melakukan promosi online secara jujur yaitu gambar donat yang dipromosikan sama dengan realitanya. Kata kunci : Promosi Online, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 14:53
Last Modified: 10 Aug 2021 14:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53707

Actions (login required)

View Item View Item