Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT PEKANBARU TERHADAP KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK E-GOVERNMENT SIPENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PEMERINTAHAN PEKANBARU

Vella Vebrianti, Vella (2021) PERSEPSI MASYARAKAT PEKANBARU TERHADAP KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK E-GOVERNMENT SIPENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PEMERINTAHAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

Perkembangan zaman yang menuju penggunaan teknologi memang tidak bisa dipungkiri, begitupun dengan pelayanan publik dalam pemerintahan yang dikenal dengan Electronik Government. Pemerintahan Pekanbaru telah menerapkan pelayanan publik berbasis digital yaitu penggunaan website yang disebut dengan Sipenduduk. Tentunya setelah masyarakat menggunakan Pelayanan Publik Sipenduduk menimbulkan persepsi ataupun penilaian yang menjadi salah satu faktor gambaran bagaimanakah pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan pengguna jasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Persepsi Masyarakat Pekanbaru Terhadap Komunikasi Pelayanan Publik E-Government Sipenduduk di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintahan Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Pekanbaru Terhadap Komunikasi Pelayanan Publik E-Government Sipenduduk di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintahan Pekanbaru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus – Organisme – Respon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumetasi, dan penyebaran kuesioner secara langsung kepada masyarakat pekanbaru yang menggunakan e-goverment Sipenduduk di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintahan Pekanbaru dengan jumlah sampel yaitu 400 responden yang ditentukan melalui teknik incidental sampling. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji realibilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan persentase. Untuk pengolahan data uji kuesioner dilakukan dengan menggunakan program Statistik Product and Service Solution (SPSS) Windows versi 22. Hasil penelitian dari masing-masing indikator indikator yaitu Kegunaan (Usebility) bernilaian 77,11% atau baik, indikator Kualitas Informasi (Information Quality) bernilai 78,26% atau baik, indikator Kualitas Interaksi Pelayanan (Service Interaction Quality) bernilai 78,41% atau baik, dan indikator Keseluruhan (Overall) bernilai 78,27% atau baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pelayanan Publik, E-Government
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Aug 2021 13:24
Last Modified: 07 Aug 2021 13:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53579

Actions (login required)

View Item View Item