MAINI NOVITA, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SDN 005 BAGAN CEMPEDAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
|
Text
SKRIPSI MAINI NOVITA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maini Novita, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Bagan Cempedak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema Kayanya Negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Bagan Cempedak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 20 siswa, dan objeknya adalah strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan kemampuan Mengemukakan Pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 42,25% atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 68,70% atau tergolong cukup. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 71,25 % atau tergolong baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada Kayanya Negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Bagan Cempedak. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 07 Aug 2021 07:39 |
Last Modified: | 07 Aug 2021 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53548 |
Actions (login required)
View Item |