Aisyah Sri Wulandari, - (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP/MTS TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL PADA MATERI TATA SURYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (Gabungan Kecuali BAB IV)
Aisyah Sri Gabungan Kecuali BAB IV.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Aisyah Sri - Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih jarangnya bahan ajar yang terintegrasi ayat Al-Quran pada pembelajaran IPA di MTs Hasanah Pekanbaru. MTs Hasanah dalam proses pembelajaran menggunakan bahan ajar berupa buku paket serta LKS, dan masih jarangnya menggunakan bahan ajar modul atau modul elektronik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk e-modul IPA SMP/MTs terintegrasi ayat-ayat Al-Quran berbantuan simulasi virtual pada materi tata surya. Bahan ajar ini dibuat sebagai penunjang pembelajaran peserta didik secara mandiri dengan isi yang menarik dan dilengkapi dengan simulasi virtual. Penelitian dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi pengembangan oleh Borg and Gall. Langkah penelitian dalam penelitian ini dibatasi sampai dengan langkah kelima yaitu uji coba lapangan awal, hal ini dikarenakan kondisi yang peneliti hadapi dalam proses pengembangan. Hasil validitas produk e-modul bahan ajar IPA sudah dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli integrasi ayat Al-Quran memperoleh nilai sebesar 87.5%, ahli materi pembelajaran memperoleh nilai sebesar 95.54%, dan ahli bahan ajar memperoleh nilai sebesar 89.22% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid atau layak untuk digunakan. Selain itu e-modul IPA SMP/MTs terintegrasi ayat-ayat Al-Quran berbantuan simulasi virtual pada materi tata surya dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, berdasarkan penilaian oleh praktisi dengan nilai sebesar 94.12% tanpa direvisi. Berdasarkan respon peserta didik pada uji coba lapangan awal di MTs Hasanah Pekanbaru kelas VII-3 sebanyak 15 peserta didik diperoleh nilai sebesar 95.83% dan dinyatakan sangat baik, ataupun respon peserta didik terkait dengan produk e-modul IPA SMP/MTs terintegrasi ayat-ayat Al-Quran berbantuan simulasi virtual pada materi tata surya sangat positif. Kata kunci: bahan ajar, e-modul, integrasi ayat Al-Quran, simulasi virtual, tata surya, IPA SMP/MTs
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Aug 2021 15:07 |
Last Modified: | 07 Aug 2021 15:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53544 |
Actions (login required)
View Item |