Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN REKRUTMEN TENAGA KERJA LOKAL PT. JATIM BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN ROKAN HILIR NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN KETENAGAKERJAAN DI KECAMATAN KUBU BABUSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR

EFENDI, - (2021) PELAKSANAAN REKRUTMEN TENAGA KERJA LOKAL PT. JATIM BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN ROKAN HILIR NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN KETENAGAKERJAAN DI KECAMATAN KUBU BABUSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tenaga Kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat. Pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja lokal PT. Jatim berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Kecamatan Kubu Babusalam Kabupaten Rokan Hilir belum terlaksana dengan baik, karena tenaga kerja yang ada pada PT. Jatim mayoritas adalah tenaga kerja dari luar daerah. Padahal seharusnya tenaga kerja yang ada di PT. Jatim adalah berdasarkan Peraturan Daerah tersebut sekurang-kurangnya 60% tenaga kerja lokal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja lokal PT. Jatim berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Kecamatan Kubu Babusalam Kabupaten Rokan Hilir, serta untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja lokal PT. Jatim di Kecamatan Kubu Babusalam Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja lokal PT. Jatim berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Kecamatan Kubu Babusalam Kabupaten Rokan Hilir belum terlaksana dengan baik dikarenakan rektrutmen Tenaga Kerja PT. Jatim mayoritas adalah tenaga kerja dari luar daerah. Padahal seharusnya tenaga kerja yang ada di PT. Jatim adalah berdasarkan Peraturan Daerah tersebut sekurang-kurangnya 60% tenaga kerja lokal. Adapaun faktor penghambatnya adalah diantaranya; (i) kurangnya kesadaran hukum; dan (ii) kurangnya kepedulian terhadap tenaga kerja lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Aug 2021 08:18
Last Modified: 07 Aug 2021 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53442

Actions (login required)

View Item View Item