MUHAMMAD SATIA NUGROHO, - (2021) REPRESENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN PADA ASPEK PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
Abstract
MUHAMMAD SATIA NUGROHO (2021) : REPRESENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN PADA ASPEK PESERTA DIDIK Penelitian ini membahas tentang Representasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan pada Aspek Peserta Didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara berpikir masyarakat modern saat ini yang masih mementingkan kecerdasan dalam bidang pendidikan umum dan menyingkirkan peran pendidikan Islam pada peserta didik. Penelitian ini menganalisis pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang telah mendesain konsep pendidikan Islam secara utuh dan sempurna tanpa memisahkan pendidikan umum dengan pendidikan Islam pada peserta didik. Adapun fokus masalah penelitian ini adalah ”Bagaimana Representasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan pada Aspek Peserta Didik?” Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis, dan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data metode dokumentasi yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai dengan analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pendidikan Islam merupakan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim yang seutuhnya. Representasi konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan pada aspek peserta didik meliputi: 1) peserta didik sebagai subjek dan objek dalam pembelajaran, 2) pelayanan sarana dan prasarana terhadap peserta didik yang lebih baik, 3) pembekalan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum kepada peserta didik sehingga melahirkan manusia yang intelek dan memiliki keteguhan iman juga mempunyai wawasan yang luas dalam bidang ilmu pengetahuan, 4) penerapan teori dan praktek langsung dalam pembelajaran terhadap peserta didik, 5) pembentukan karakter terhadap peserta didik sehingga tercipta kepribadian yang utuh baik jasmani maupun rohani dan memiliki jiwa sosial yang baik juga, 6) pembelajaran bertahap terhadap peserta didik. Kata kunci: Representasi, Pendidikan Islam, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Aug 2021 15:32 |
Last Modified: | 07 Aug 2021 15:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53419 |
Actions (login required)
View Item |