Widia Astuti, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Materi Energi dan Perubahannya Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Widia Astuti (2021) : Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Materi Energi dan Perubahannya Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana spesifikasi media pembelajaran papan kantong pintar, tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran pembelajaran papan kantong pintar pada materi Energi dan Perubahannya kelas III SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang guru dan 23 siswa di SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Pengembangan media pembelajaran papan kantong pintar ini divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media untuk melihat tingkat validitas materi dan media pembelajaran papan kantong pintar. Sedangkan untuk praktikalitas media dilakukan uji coba terhadap 3 guru dan 13 siswa pada uji praktikalitas siswa tahap 1 dan 10 siswa pada uji praktikalitas siswa tahap 2. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat validitas produk media pembelajaran papan kantong pintar pada materi Energi dan Perubahannya dalah sangat valid dengan rata-rata 97,5% dari ahli materi dan 87,5% dari para ahli media. Sedangkan tingkat praktikalitas produk pengembangan media pembelajaran papan kantong pintar adalah sangat praktis dengan rata-rata penilaian dari guru 96,2% dan penilaian dari peserta didik dengan rata-rata 89%. Sehingga media tersebut dapat digunakan oleh peserta guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran , ADDIE, penelitian pengembangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 16:41 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 16:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53387 |
Actions (login required)
View Item |