Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-regulated learning Siswa MTs Darul Hikmah Pekabaru

Muhammad Syaprul Alamsyah, - (2021) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-regulated learning Siswa MTs Darul Hikmah Pekabaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Syaprul Alamsyah (2021) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-regulated learning Siswa MTs Darul Hikmah Pekabaru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 2) Mengetahui pengaruh Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 3) Mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup rendah. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain Factorial Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII TQ.A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A3 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan Cluster Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket kemandirian belajar (Self Regulated Learning). Data dianalisis menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 2) Terdapat pengaruh Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi REACT dan Self Regulated Learning siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (REACT), Pemahaman Konsep Matematis, Self-Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 14:26
Last Modified: 06 Aug 2021 14:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53250

Actions (login required)

View Item View Item