Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PEKANBARU

Farida Nurahmah, Farida (2021) PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang marak tejadi di indonesia yaitu kasus kekerasan seksual dikalangan remaja sehingga mengakibatkan rendahnya tingkat kepercayaan diri para remaja. Kepercayaan diri ini menjadi salah satu aspek penting bagi kehidupan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh konseling behavioral terhadap kepercayaan diri remaja kasus kekerasan seksual di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja kasus kekerasan seksual yang berada di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Pekanbaru. Sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu sebanyak 34 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan program IBM SPSS (Statistical Product and Servive Solution) 25 dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavioral berpengaruh terhadap kepercayaan diri remaja kasus kekerasan seksual sebesar 57% dengan koefisien korelasi 0,760 yang berada pada interval 0,60-0,799 sehingga dinyatakan terdapat korelasi yang kuat antara konseling behavioral dengan kepercayaan diri. Hasil persamaan regresi linier sederhana ialah Y = 15,919 + 1,334X. Koefisien regresi (b) sebesar 1,334 bernilai positif dengan demikian konseling behavioral berpengaruh positif terhadap kepercayaan diri remaja kasus kekerasan seksual. Pada pengujian tingkat signifikan diperoleh hasil bahwa 0,05 > 0,000 dan pada uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel, yaitu 6,611 > 2,036 sehingga disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Konseling Behavioral berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Diri remaja kasus kekerasan seksual di lembaga pembinaan khusus anak kelas II Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral, Kepercayaan Diri, Remaja
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:26
Last Modified: 06 Aug 2021 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53224

Actions (login required)

View Item View Item