Asriadi, - (2021) Desain Dan Uji Coba Video Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Dengan Menggunakan Scratch Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya pembelajaran kimia yang bersifat abstrak dan kurang bervariasinya media pembelajaran khususnya media berbasis literasi sains, sehingga dibutuhkan suatu media yang mampu membantu siswa dalam memahami pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain video pembelajaran dengan bantuan aplikasi Scratch dan Kinemaster pada materi kesetimbangan kimia yang valid berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, uji praktikalitas guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi tahapan (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk. Uji lapangan awal dilakukan di SMAN I Batu Hampar terhadap peserta didik kelas XI MIPA. Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 85,8% dengan kategori sangat praktis, dan uji praktikalitas peserta didik mendapatkan hasil sebesar 91,2% dengan kategori sangat praktis. Kata kunci: Scratch, Literasi Sains, Kesetimbangan Kimia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 08:31 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 08:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53203 |
Actions (login required)
View Item |