Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN YURIDIS PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA TERHADAP ANAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

SANDRA YUNISAH, - (2021) TINJAUAN YURIDIS PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA TERHADAP ANAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

ABSTRAK Sandra Yunisah, (2021) : “ Tinjauan Yuridis Penegakan Hak Asasi Manusia Terhadap Anak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak” Kekerasan terhadap anak merupakan perbuatan yang keji dan tidak bermoral. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengenai penegakan hak asasi manusia terhadap anak, karena dalam implementasinya penegak hukum belum memberikan sanksi yang setimpal dengan perbuatan yang sudah dilakukan oleh pelaku terhadap anak. Berbagai peristiwa telah terjadi terhadap anak yakni kekerasan kepada anak, pembunuhan terhadap anak, penelantaran dan sebagainya. Oleh karena itu kajian terhadap perlindungan anak ini sangat menarik, untuk di tinjau kembali undang-undang yang mengatur tentang perlindungan anak tersebut. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang menjadi kajian yakni bagaimana tinjauan yuridis penegakan hak asasi manusia terhadap anak berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, dan apa faktor penyebab terjadinya kekerasan terhadap anak. Jenis penelitian ini adalah tergolong kepada jenis penelitian hukum normatif, dengan mengkaji peraturan perundang-undangan dan kepustakaan. Hal ini dilakukan melalui pendekatan kaidah-kaidah hukum positif beserta dengan asas-asasnya. Metode deduksi dilakukan untuk menyimpulkan pengetahuan-pengetahuan konkret mengenai kaidah yang benar dan tepat untuk diterapkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Sedangkan sifat dari penelitian ini deskriptif, yaitu memberikan gambaran yang jelas dan sistematis, dengan menggunakan teori-teori dan bahan-bahan pustaka hukum yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa tinjauan yuridis terhadap penegakan hak asasi manusia terhadap anak berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak yaitu Berdasarkan analisis penulis bahwa undang-undang tentang perlindungan anak tersebut belum mampu memberikan perlindungan terhadap anak, baik dari segi pihak-pihak yang berkewajiban untuk memberikan perlindungan terhadap anak, maupun dari pihak penegak hukum belum bisa menegakkan undang-undang tentang perlindungan anak sesuai dengan tujuan dan maksud dari undang-undang tersebut. Hak-hak anak yang harus dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, antara lain adalah hak untuk beribadah menurut agamanya, hak untuk memperoleh pendidikan, hak untuk mendapatkan perlindungan di sekolah, hak untuk diasuh oleh orang tua, serta Negara, Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban untuk melindungi hak anak. Pihak-pihak yang terkait tersebut berkewajiban untuk memperhatikan dan melindungi hak anak, agar anak mendapatkan haknya sesuai dengan yang tercantum dalam undang-undang. Kata Kunci : Tinjauan, Hak Asasi Manusia, Perlindungan Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:25
Last Modified: 04 Aug 2021 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53094

Actions (login required)

View Item View Item