Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN FRAKSI SERAT JERAMI PADI YANG DIPERAM DENGAN FILTRAT ABU SEKAM PADI SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERNAK RUMINANSIA

Bagus Artani, - (2021) KANDUNGAN FRAKSI SERAT JERAMI PADI YANG DIPERAM DENGAN FILTRAT ABU SEKAM PADI SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERNAK RUMINANSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jerami padi dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif, tetapi memiliki kandungan Serat Kasar (SK) yang tinggi. Salah satu cara pengolahan untuk menurunkan kandungan serat kasar tersebut adalah dengan pemeraman menggunakan filtrat abu sekam padi (FASP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemeraman jerami padi dengan filtrat abu sekam padi terhadap kandungan fraksi serat jerami padi sebagai pakan alternatif ternak ruminansia dan mengkaji kandungan fraksi serat jerami padi dengan penambahan filtrat abu sekam padi yang terbaik. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah jerami padi dengan penambahan filtrat abu sekam padi yaitu P0 (jerami padi + FASP 0,00 b/v), P1 (jerami padi + FASP 0,10 b/v), P2 (jerami padi + FASP 0,15 b/v), P3( jerami padi + FASP 0,20 b/v), P4 (jerami padi + FASP 0,25 b/v). Peubah yang diukur adalah kandungan Neutral Detergent Fiber (NDF), Acid Detergent Fiber (ADF), Acid Detergen Lignin (ADL), hemiselulosa dan selulosa. Analisis data dengan sidik ragam dan uji lanjut DMRT. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap penurunan NDF, ADF, ADL dan sangat nyata (P<0,01) dalam meningkatkan Selulosa dan Hemiselulosa. Perlakuan terbaik adalah dengan penggunaan filtrat abu sekam padi pada konsetrasi 0,25 b/v menghasilkan kandungan NDF 57,51%, ADF 36,72%, ADL 20,29%, selulosa 21,58% dan hemiselulosa 20,79%. Kata kunci: Filtrat Abu Sekam Padi (FASP), fraksi serat , jerami padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Aug 2021 02:39
Last Modified: 04 Aug 2021 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53040

Actions (login required)

View Item View Item