Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Sembako Abdullah Di Kelurahan Pujud Selatan)

Dede Saputra, - (2021) STRATEGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Sembako Abdullah Di Kelurahan Pujud Selatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEDE SAPUTRA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dede Saputra (2021): Strategi Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi Covid- 19 Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Sembako Abdullah Di Kelurahan Pujud Selatan) Dalam hal jual beli, semuanya telah di atur dalam Al – qur’an dan Hadist, dan dalam tujuan sistem perekonomian islam, seperti halnya dalam sistem ekonomi lainnya, adalah perwujudan efisiensi dan keadilan dalam alokasi serta pendistribusian sumber daya dimana ia juga mengakui peran kekuatan pasar dan kebebasan individu. Akan tetapi, ia juga mengakui kemungkinan dampak yang merugikan dari pasar yang benar–benar tidak diatur pada berbagai macam lapisan masyarakat, khususnya yang miskin dan lemah. Dimasa pandemi Covid-19 ini perekonomian diseluruh dunia mengalami penurunan perekonomian yang begitu terasa, mewajibkan masyarakat maupun pemilik usaha harus mengatur strategi untuk meningkatkan perekonomian dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini. Adapun dengan rumusan masalah Bagaimana strategi usaha sembako Abdullah dalam meningkatkan pendapatan dimasa pandemi Covid-19 dan Bagaimana perspektif ekonomi islam dalam meningkatkan UKM dimasa pandemi Covid-19. Metode yang penulis pakai dalam menganalisa data adalah metode yang bersifat deskriptif Kualitatif, yaitu menganalisa data dengan mengklarifikasikan data-data berdasarkan persamaan jenis dari data tersebut, kemudian diuraikan dengan data yang lainnya sedemikian rupa sehingga diperoleh gambaran umum yang utuh tentang masalah yang diteliti, adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 toko sembako dengan mengambil sampel 1 toko sembako yaitu toko Abdullah dikelurahan pujud selatan. Dari hasil penelitian menunjukkan kendala yang dihadapi Semenjak wabah Covid-19 ini adalah omset usaha sembako Abdullah menurun drastis pendapatannya, dikarenakan kurangnya konsumen yang berbelanja serta barang yang dibeli konsumen berkurang dari biasanya, Selain itu toko Abdullah sudah mulai melakukan pengurangan jumlah barang yang dijual dari seperti biasanya. Selain itu juga bahwa strategi penjualan secara umum, baik dari segi penjualan, pemasaran, maupun peningkatan ekonomi keluarga, strategi toko sembako Abdullah di kelurahan Pujud Selatan menurut penulis tidak bertentangan dengan prinsip ekonomi Islam. Kata Kunci: Strategi, UKM, Meningkatkan Pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Aug 2021 08:27
Last Modified: 02 Aug 2021 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52893

Actions (login required)

View Item View Item