ARI FEBRIANTO, - (2021) PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK TK (TAMAN KANAK-KANAK) SKRIPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
kecuali BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pengaruh metode Storytelling Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak TK (Taman Kanak-kanak) Oleh Ari Febrianto Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Perilaku prososial seperti berbagi, kerjasama, menolong, bertindak jujur, dan berderma perlu ditanamkan dan ditingkatkan sejak dini agar anak tumbuh menjadi individu yang cerdas secara sosial. Salah satu upaya untuk meningkatkan perilaku prososial dapat menggunakan metode storytelling, yaitu proses mendongeng atau bercerita dengan tema prososial dan diakhiri dengan sesi berdiskusi untuk merangsang anak melakukan perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh metode storytelling terhadap perilaku prososial pada anak TK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan purposive random sampling dengan subjek berjumlah 10 orang siswa TK Al-Fajar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non parametric yaitu uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian nilai signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05), artinya hipotesis diterima. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat peningkatan perilaku prososial anak setelah diberi perlakuan dengan metode storytelling. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Metode Storytelling, Anak TK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 07:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 07:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52826 |
Actions (login required)
View Item |