HASLINDA, - (2021) KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR HARIAN PEKANBARU MX DALAM MENINGKATKAN SEGMENTASI PASAR DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
Abstract
HASLINDA (2021) : KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR HARIAN PEKANBARU MX DALAM MENINGKATKAN SEGMENTASI PASAR DI PEKANBARU Ketidakmampuan bersaing surat kabar dalam mengimbangi kecepatan media elektronik dan media online dalam menyampaikan berita membuat media cetak, khusunya surat kabar mengalami persaingan yang begitu ketat. Kemajuan teknologi terutama pada bidang komunikasi dan informasi membuat surat kabar harus memiliki terobosan baru untuk mempertahankan eksistensinya. Untuk mampu bertahan surat kabar tentunya memiliki komunikasi pemasaran yang tepat. Hubungan komunikasi dan media merupakan ujung tombak dalam sebuah perusahaan. Pemasaran merupakan kegiatan komunikasi yang biasanya bisa dilakukan melalui televisi, radio, baliho, serta surat kabar. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Pekanbaru MX dalam Meningkatkan Segmentasi Pasar di Pekanbaru. Penetlian ini menggunakan teori Marketing MIX atau 4P (product, price, place, and promotion). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Pekanbaru MX dalam Meningkatkan Segmentasi Pasar di Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Pekanbaru MX dalam Meningkatkan Segmentasi Pasar di Pekanbaru menggunakan komunikasi Marketing MIX atau 4P (product., price, place, and promotion). Dari data-data yang telah dikumpulkan product (produk) yang dihasilkan oleh Harian Pekanbaru MX terdiri dari 24 halaman dengan berbagai rubrik yang berbeda-beda. Price (harga) surat kabar ini bervariasi. Harga eceran pereksemplar Rp. 3.000, dan agen Rp. 2.000. Place (tempat) perdistribusiannya yaitu pasar-pasar tradisional dengan segmentasi kalangan menengah ke bawah. Promotion (promosi) yang dilakukan Surat Kabar Harian Pekanbaru MX sudah cukup menarik dengan mengunakannn skomunikasi pemasaran seperti melalui periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, pemasaran interaktif dan hubungan masyarakat. Kata kunci: Komunikasi pemasaran, Marketing MIX, Harian Pekanbaru MX
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 07:58 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 07:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52815 |
Actions (login required)
View Item |