Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Trading Place untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pembelajaran PKN di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singing Hilir

Khoirunnisa, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Trading Place untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pembelajaran PKN di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singing Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khoirunnisa, (2021) : Penerapan Strategi Pembelajaran Trading Place untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pembelajaran PKN di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singing Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik melalui strategi pembelajaran trading place di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing- masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 5 sampai menjadi 19 siswa yang mampu mengkomunikasikan pendapat. Dari 6 sampai menjadi 20 siswa yang mampu mengemukakan pendapat dengan jelas. Dari 6 sampai menjadi 18 siswa yang mampu mengemukakan pendapat dengan logis. Dari 6 sampai menjadi 19 siswa yang mampu mengembangkan kalimat. Dapat juga dilihat pada grafik peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat sebelum tindakan hanya mencapai 54,61 dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,30 dengan kategori kurang. Dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,29 dengan kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran trading place dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran pkn di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Trading Place, Kemampuan MengemukakanPendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:51
Last Modified: 30 Jul 2021 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52794

Actions (login required)

View Item View Item