Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA KUALITAS WEBSITE RIAU POS MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Aldio Defriandy, - (2021) ANALISA KUALITAS WEBSITE RIAU POS MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I, II, III, DAN V.pdf

Download (31MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Riau Pos adalah salah satu instansi yang berkecimpung di bidang media dan komunikasi. Untuk pelayan publik, Riau Pos telah memanfaatkan website dan selama dipublikasikan ternyata masih terdapat beberapa masalah di dalamnya. Adapun permasalahan tersebut di antaranya terdapat dari segi kualitas kegunaan seperti iklan pada halaman yang begitu banyak dan menumpuk sehingga pengunjung sulit untuk fokus pada berita, dan dari kualitas interaksi pelayanan yaitu letak kolom komentar yang terlalu jauh disetiap isi berita, dan terselingi dengan berbagai iklan dan berita-berita lainnya sehingga pengunjung tidak menyadari adanya kolom komentar. Dalam penelitian ini kualitas website Riau Pos diukur dengan menggunakan metode Webqual 4.0 yang lebih berfokus pada dimensi usability, information, dan interaction quality, sehingga akan mempermudah untuk melancarkan proses evaluasi yang nantinya akan diukur berdasarkan persepsi dari pengunjung website. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode slovin dan didapat jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website ini sudah memuaskan pengunjung berdasarkan diterimanya dua hipotesis yang diajukan, yaitu hipotesis information quality dan interaction quality dengan kontribusi variabel terhadap kepuasan sebesar 61,4%. Diterimanya kedua variabel tersebut menandakan bahwa information quality sudah sesuai dengan keinginan pengunjung, seperti informasinya diberikan jelas, up to date, dan dalam format yang sesuai. Untuk interaction quality, website-nya dapat diakses dari berbagai web browser dan berbagai media, serta informasi atau berita yang disajikan dapat dipercaya dan diyakini oleh pembaca. Adapun satu hipotesis ditolak yaitu variabel usability yang menandakan bahwa pengunjung belum merasa puas dalam mengoperasikan situs website, serta dari tampilan desain berita yang kurang menarik minat dan fokus pengunjung. Kata Kunci: Information Quality, Interaction Quality, Kualitas Website, Usability, Webqual 4.0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:29
Last Modified: 30 Jul 2021 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52743

Actions (login required)

View Item View Item