Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA JIGSAW PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANGKASA PEKANBARU

Alifiah Bryan Chandra Devi, - (2021) PENGARUH MEDIA JIGSAW PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ANGKASA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV ALIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALIFAH BRYAN CHANDRA DEVI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa sebagai salah satu aspek yang perlu dipelajari dan dikembangkan pada anak usia 5-6 tahun, sehingga nantinya anak memiliki kemampuan bahasa yang baik dimasa depannya. Salah satu kemampuan bahasa yang perlu dipelajari anak yaitu bahasa arab atau bahasa Al-Qur’an, karena Al-‘Quran merupakan pedoman hidup manusia. Bahasa Al-Qur’an dapat dimulai dengan mengajarkan huruf-huruf hijaiyah pada anak usia dini. Pada masa ini pemberian bimbingan belajar secara tepat sangat dibutuhkan demi tercapainya kemampuan anak dalam menghafal huruf hijaiyah. Media jigsaw puzzle sebagai salah satu sarana bimbingan belajar bagi anak yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah anak TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media jigsaw puzzle dalam meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TK Angkasa Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen (one-group pre-test post-test design) yang dilakukan pada anak TK Angkasa Pekanbaru kelompok B berjumlah 8 anak sebagai sampel yang diperoleh secara purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Perhitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil analisis data dari teknik analisa Wilcoxon Sign Rank Test pada kelompok eksperimen dengan taraf signifikansi p= 0,012 (p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa, “Hipotesis Diterima”. Artinya, “ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media jigsaw puzzle huruf hijaiyah terhadap peningkatan kemampuan menghafal pada anak usia 5-6 tahun di TK Angkasa Pekanbaru”. Kata Kunci : Kemampuan Menghafal, Jigsaw Puzzle, Anak TK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:34
Last Modified: 30 Jul 2021 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52718

Actions (login required)

View Item View Item