Deli Rosmita (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika ke dalam bentuk gambar dan grafik, rendahnya kemampuan menulis yaitu berupa kemampuan memberikan penjelasan secara matematika dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami, hanya sebagian kecil siswa yang berani menyampaikan penjelasan mengenai pertanyaan dari guru kepada teman-temannya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bangkinang Kabupaten kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Bangkinang Kabupaten Kampar. Dimana penelitian ini merupakan penelitian Quasi – Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkinang yang berjumlah 101 orang dan objek penelitian ini adalah Komunikasi matematika.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes yang memuat indikator kemampuan kemampuan komunikasi matematika. Dari analisis data yang dilakukan dengan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament diperoleh nilai to = 2,13 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) pada taraf signifikan 5% ( 2,13 > 2,01) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika. Oleh sebab itu, dapat disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap variabel yang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 08:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 08:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5271 |
Actions (login required)
View Item |