Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN REINFORCEMENT SKILLS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU

GUSRIANI ALFANI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN REINFORCEMENT SKILLS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Gusriani Alfani (2021): Pengaruh Penggunaan Reinforcement Skills terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Penggunaan Reinforcement Skills Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA PGRI Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh Penggunaan Reinforcement Skills Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang belajar ekonomi di SMA PGRI pekanbaru yang berjumlah 39 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Reinforcement Skills Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI Pekanbaru. Hasil ini terbukti dari perbandingan nilai dengan didapati bahwa baik untuk taraf kesalahan 5% (0,594 > 0, 325) maupun 1% (0,594 > 0,418), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh Penggunaan Reinforcement Skills Terhadap Keaktifan Belajar Siswa berdasarkan uji R Square sebesar 35,2% sedangkan sisanya 64,8 (100%-35,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Penggunaan Reinforcement Skills, Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:00
Last Modified: 05 Aug 2021 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52683

Actions (login required)

View Item View Item