Salmi Rahmad (2014) FAEDAH-FAEDAH IJAZ DALAM MEMAHAMI AL-QUR’AN SURAH AL- FURQON. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an dan maknanya berasal dari sisi Allah SWT, uslub yang mengandung mu’jizat dan susunan kata yang indah melebihi uslub uslub Bahasa Arab yang digunakan hari ini. Untuk memahami Alqur’an dibutuhkan penguasaan ilmu-ilmu Bahasa Arab khususnya ilmu Balaghoh, diantaranya uslub Ijaz. Oleh sebab itu, penulis merasa tertarik dengan judul “Faedah-Faedah Ijaz dalam Memahami Alqur’an surah Al- furqon”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa Faedah Ijaz dalam surah Al-furqon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faedah ijaz dalam surah Al-furqon dari aspek balaghoh. Adapun objek penelitian ini adalah uslub Ijaz dalam surah Al-furqon yang berjumlah 77 Ayat. Dalam penelitian ini penuis menggunakan sumber data, terdiri dari sumber primer dan sumber skunder yang berhubungan dengan objek penelitian. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan Metode Pustaka (Library Research, dengan metode menela’ah serta mambaca buku-buku yang berkaitan dengan judul. Sedangkan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Deskritif dan analisis isi kitab (Content Analiasis) dengan menggunakan tabel. Setelah penulis melaksanakan penelitian dalam surah Al-furqon, penulis menemukan semua ayat yang mengandung uslub Ijaz. Yaitu Ijaz Qashar dan Ijaz Hazdfi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 08:01 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 08:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5268 |
Actions (login required)
View Item |