Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN KADERISASI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN MENURUT K.H. IMAM ZARKASYI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

TAMSIR AHMADI (2020) PENDIDIKAN KADERISASI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN MENURUT K.H. IMAM ZARKASYI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Tamsir Ahmadi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Tamsir Ahmadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)

Abstract

Di dalam lembaga pondok pesantren seorang kyai merupakan pemimpin tertinggi. Kemampuannya dalam memimpin sangat berpengaruh pada proses jalannya pendidikan dan keberlangsungan pondok pesantren. Tidak sedikit di beberapa pondok pesantren para kiai hanya mengandalkan kharismanya saja dalam memimpin dan kurang peduli terhadap kaderisasi, sebagai persiapan generasi pelanjut di dalam memimpin pesantren. Sehingga ketika ia telah wafat terjadi perubahan gaya kepemimpinan oleh generasi penerus yang disebabkan berbagai hal, yang itu berdampak pada perubahan dalam pengambilan kebijakan yang tidak berdasakan nilai-nilai pesantren. Maka kaderisasi kepemimpinan di pondok pesantren harus dilakukan dengan bertujuan supaya para pemimpin penerus memiliki dasar pijakan yang kuat di dalam memimpin dengan berlandaskan pada nilai-nilai pesantren yang telah ditanamkan oleh para pendahulunya dan tidak bergantung pada kharismanya saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research ). Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data primer sebagai landasan dari penelitian ini dan menggunakan data-data lain yang berasal dari data sekunder yang berkaitan dengan penelitian ini. Sumber utama dalam penelitian ini adalah buku : K.H. Imam Zarkasyi dari Gontor dan beberapa karya beliau, Bekal Untuk Memimpin dan Manajemen Pesantren karya putra pertama K.H. Imam Zarkasyi yaitu Abdullah Syukri Zarkasyi. Sedangkan data sekunder diambil dari bukubuku yang relevan dan memiliki korelasi terhadap judul penelitian, observasi objek, wawancara dengan beberapa orang murid dari K.H. Imam Zarkasyi. dan ditambah dengan jurnal-jurnal dan lain-lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama, kaderisasi kepemimpinan merupakan suatu usaha yang harus dilakukan demi menjaga eksistensi dan keberlangsungan suatu lembaga terkhusus pondok pesantren dengan mempersiapkan calon pemimpin yang memahami nilai-nilai pesantren. Pengkaderan itu tidak hanya pengkaderan sumber daya manusia akan tetapi nilainilai dan sistem pesantren pun harus ditransformasikan kepada seluruh calon kader. Kedua, Sebagai upaya menyiapkan pemimpin di masa yang akan datang dengan diberikan pendidikan kepemimpinan bagi para kader melalui tahapantahapan, mulai dari pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, keteladan, dan pendekatan-pendekatan bagi para kader. Faktor penunjang diantaranya: integritas Badan Wakaf dan Pimpinan pesantren, dukungan dari semua kalangan baik dari dalam pesantren maupun luar pesantren, pendanaan yang cukup yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: mental para calon kader yang masih lemah, kurangnya minat dari masyarakat terhadap pesantren dan sarana yang kurang terjaga dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:01
Last Modified: 28 Jul 2021 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52670

Actions (login required)

View Item View Item