Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK COVID 19 TERHADAP USAHA GAMBIR MASYARAKAT KAPUR IX DESA LUBUK ALAI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

NINDIA NOFITA SARI, - (2021) DAMPAK COVID 19 TERHADAP USAHA GAMBIR MASYARAKAT KAPUR IX DESA LUBUK ALAI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NINDIA NOFITA SARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NINDIA NOFITA SARI (2021) : Dampak COVID-19 Terhadap Usaha Gambir Masyarakat Kapur IX Desa Lubuk Alai Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Gambir merupakan salah satu diantara jenis kopi – kopian, gambir mengandung nilai ekonomi tinggi yaitu dari ekstrak (getah) dan daun – daun beserta rantingnya. Gambir ialah komoditi unggulan di Kecamatan Kapur IX, Selain untuk menyerap tenaga kerja, usaha ini juga dapat meningkatkan penghasilan dan perekonomian masyarakat, semenjak pandemic COVID-19 melanda, perekonomian masyarakat tersebut mengalami banyak penurunan pendapatan dan banyak masyarakat yang akhirnya menjadi pengangguran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana usaha gambir masyarakat sebelum pandemi COVID-19, bagaimana usaha Gambir masyarakat pasca COVID-19, dan bagaimana tinjauan ekonomi Syariah terhadap usaha Gambir di Desa lubuk Alai Kecamatan Kapur IX. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dilakukan di Kecamatan Kapur IX, Desa Lubuk Alai Sumatra Barat. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, Teknik pengambilan sampelnya adalah Total Random sampling. Populasi dari penelitian ini sebanyak 100 orang pemilik usaha gambir.dan penulis mengambil 20% untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini bahwa penulis melihat usaha gambir merupakan salah satu penunjang perekonomian masyarakat di desa Lubuk alai. Di samping itu, semenjak pandemic COVID-19 berdampak ke usaha masyarakat yang menjadi merosot dan mengalami penurunan pendapatan. usaha ini sebagian besar telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Kata kunci : gambir, pendapatan, COVID-19 dan Tinjauan Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2021 06:12
Last Modified: 29 Jul 2021 06:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52647

Actions (login required)

View Item View Item