Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SAKINAH PANDAU JAYA

AULIA IKA PRATIWI, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SAKINAH PANDAU JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AULIA IKA PRATIWI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aulia Ika Pratiwi, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDIT Sakinah Pandau Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada tema indahya keragaman di negeriku melalui penerapan model kooperatif tipe broken triangle kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 19 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe broken triangle dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe broken triangle dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 44% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori Kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 70% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90% yang berada pada rentang 90- 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe broken triangle dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Sakinah Pandau Jaya. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Broken Triangle, Kemampuan Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2021 13:57
Last Modified: 28 Jul 2021 13:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52583

Actions (login required)

View Item View Item