Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Hubungan ath-Thughyan dengan at- Tamyiz al-„Unshuri dalam kandungan al-Qur‟an ( kajian tematik)”

RANTI DEVANIA, - (2021) “Hubungan ath-Thughyan dengan at- Tamyiz al-„Unshuri dalam kandungan al-Qur‟an ( kajian tematik)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RANTI DEVANIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembahasan pada skripsi ini adalah “Hubungan ath-Thughyan dengan at- Tamyiz al-„Unshuri dalam kandungan al-Qur‟an ( kajian tematik)” permasalahan dalam pembahasan ini adalah: Bagaimana tafsir ath-Thughyan dalam al-Qur’an menurut para mufassir dan bagaimana hubungan antara keduanya serta aplikasinya dalam kehidupan sekarang. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah identifikasi ayat dalam Al-Qur’an mengenai ath-Thughyan dan at-Tamyiz al-‘Unshuri dalam al-Qur’an, serta uraian tafsir tentang ayat ayat yang berkaitan dengan keduanya. Tema ini menurut penulis menarik untuk dibahas mempertimbangkan masih sering kita dapati dua perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari sehingga dibutuhkan pemahaman yang lebih detail terhadap makna ath-Thughyan dan at-Tamyiz al-‘Unshuri ini dan hubungan antara keduanya. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) atau penelitian literatur murni, sementara metodologi yang digunakan adalah studi tematik . Data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka. Penelitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat ayat yang berhubungan dengan ath-Thughyan dan at-Tamyiz al-‘Unshuri, dengan merujuk pada Al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan dengan isu-isu yang dibicarakan sebagai data sekunder. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu solusi dan jawaban bagi orang yang membutuhkan informasi mengenai makna ath-Thughyan dan at-Tamyiz al- ‘Unshuri dan hubungan antara keduanya. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa ayat ayat yang berkaitan dengan ath-Thughyan dalam Al-Qur’an disebut berulang-ulang kali sebanyak 39 kali dalam 27 surat yang berbeda di dalam al-Qur’an al-Karim. Setelah dianalisis, adapun makna ath- Thughyan adalah melampaui batas dalam pemberontakan, kezholiman dan hakhak manusia. Dan kata ath-Thughyan memiliki beberapa makna dalam al-qur’an, diantaranya: ath-Thughyan dengan makna sesat, ath-Thughyan dengan makna durhaka, ath-Thughyan dengan makna tinggi dan kesombongan, ath-Thughyan dengan makna zholim. Kata kunci: hubungan, ath-Thughyan, at-Tamyiz al-‘Unshuri, tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:10
Last Modified: 27 Jul 2021 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52293

Actions (login required)

View Item View Item