Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI PERANKINGAN WILAYAH POTENSIAL PENGOLAHAN LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK PENGEMBANGAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS

SHERLY APRILIA HANIFAH, - (2021) APLIKASI PERANKINGAN WILAYAH POTENSIAL PENGOLAHAN LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK PENGEMBANGAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
[Tanpa BAB 5] Laporan Tugas Akhir - Sherly A Hanifa.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
[Hanya BAB 5] Laporan Tugas Akhir - Sherly A Hanifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PTPN V merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan, khususnya tanaman kelapa sawit dan karet. Untuk mengolah komuditi kelapa sawit, perusahaan memiliki 12 pabrik kelapa sawit dengan total kapasistas sebesar 570 TBS per jam, yang mana artinya produktivitas kelapa sawit di perusahaan ini sangat besar. Sehingga menghasilkan limbah yang berpotensi mencemari lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan limbah, PTPN V mengupayakan teknologi yang ramah lingkungan pada setiap kegiatan produksi melalui pengelolaan limbah seperti zero burning, dan land application. Dengan adanya aplikasi perangkingan wilayah potensial pengolahan limbah kelapa sawit berbasis web menggunakan metode AHP-TOPSIS akan membantu pihak perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk wilayah pengembangan energi terbarukan. Metode AHP digunakan untuk pembobotan kriteria kemudian metode TOPSIS digunakan untuk merankingkan alternatif. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem pendukung keputusan. Dari hasil perangkingan diperoleh luas sektor perkebunan dan hasil produksi perkebunan dengan bobot kriteria tertinggi. Untuk wilayah yang sangat berpotensial adalah Tapung hulu dengan nilai 0,86 dan wilayah yang tidak berpotensial adalah Perhentian Raja dengan nilai 0,03.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:20
Last Modified: 29 Jul 2021 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52274

Actions (login required)

View Item View Item