Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA SEKOLAH ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

IQBAL FIARI, - (2021) ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA SEKOLAH ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Skripsi tanpa Bab IV.pdf

Download (64MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

SMA Islam As-shofa Pekanbaru adalah salah satu sekolah mengengah atas swasta terbaik di pekanbaru. SMA Islam As-shofa merupakan salah satu SMA yang memanfaatkan teknologi sebagai alat mempermudah guru dalam melakukan tugas tugas guru, E-rapor salah satu aplikasi yang telah diterapkan di sekolah ini yang berfungsi untuk mempermudah guru dalam mengolah nilai rapor siswa. Namun terdapat beberapa kekurangan dalam menjalankan aplikasi e-rapor, seperti kapasitas server yang kecil sehingga website sulit di akses, Kompetensi dasar teracak membuat guru memakan waktu dalam mengolah nilai siswa, guru tidak bisa mencetak rapor siswa apabila deskripsi automatis dari sistem melebihi batas deskripsi, admin tidak dapat menghapus kelas, e-rapor tidak terintegrasi dengan baik dengan dapodik dan belum ada peniliti yang menuju atau mengarah kepada aspek kemudahan, manfaat dan penerimaan sistem informasi E-rapor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari kegunaan, manfaat dan persepsi kemudahaan pengguna terhadap penerimaan E-rapor berbasis web di SMA Islam As-shofa Pekanbaru menggunakan metode TAM. Tiga variabel yang digunakan didalam penelitian ini yaitu persepsi kemudahaan dan persepsi manfaat terhadap persepsi penerimaan penggunan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 37 responden. Hasil dalam penelitian ini menyatakan jika faktor kemudahaan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pengguna E-rapor berbasis web, kemudian faktor manfaat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan terhadap penerimaan pengguna terhadap sistem E-rapor dan faktor kemudahan serta manfaat secara bersama sama berpengaruh terhadap penerimaan E-rapor. Ini menunjukan bahwa jika faktor kemudahan dan manfaat meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi atau sistem informasi akan meningkat.Kata Kunci: E-rapor, SMA Islam As-shofa, Technology Accaptance Model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:15
Last Modified: 27 Jul 2021 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52193

Actions (login required)

View Item View Item